CARA MEMBENTUK KEBIASAAN YANG BAIK



a.  Practice / Latihan dan Repeatition/ Pengulangan
            Jika diibaratkan bahwa habits adalah hasil keturunan, maka ayahnya adalah latihan dan ibunya adalah pengulangan. Bilamana keduanya bertemu, maka pasti akan terbentuk habits pada diri manusia. Practice atau latihan berfungsi untuk menentukkan apakah aktivitas yang dilakukan sudah benar atau belum, tepat sasaran atau tidak. Sedangkan pengulangan akan menyempurnakannya. Practice makes right, Repetition makes perfect.
            Dalam seni bela diri misalnya, latihan diperlukan agar gerakan-gerakan bela diri dilakukan dengan benar, dengan teknik yang benar. Karena bila suatu aktivitas dilakukan secara keliru, maka keliru pula habits yang dibentuk, demikian sebaliknya. Yang sangat berpengaruh dalam pembentukkan habits adalah pengulangan, karena pengulangan aktivitaslah yang memberikan nyawa pada habits. Repetisi adalah kunci dalam membentuk habits.
Tidak ada proses yang instan dalam membentuk habits. Kuncinya adalah repetisi, dan itu membutuhkan waktu.


PRACTICE
REPEATITION
COMMIT
HABITS
LEARN
 


b. konsisten dengan habits yang dibentuk
            Sebagian ilmuwan dan peneliti berpendapat bahwa manusia memerlukan waktu 21 hari untuk melatih satu habits yang baru, sebagian lagi berpendapat 28-30 hari, bahkan ada yang berpendapat 40 hari.
            Contoh yang insyaaAllah sama-sama kita lakukan dan alami. Bulan Ramadhan diwajibkan atas kaum muslim berpuasa 29 hari atau maksimal 30 hari. Sebetulnya, puasa adalah pembentukan habits baru bagi kaum muslim. Terbiasa membaca Al-Qur’an, shalat malam, sedekah, yang paling terlihat adalah perubahan pola makan.
            Seringkali kita merasa kurang nyaman secara mental ataupun fisik pada awal puasa, perut merasa sakit, mood yang buruk, sampai kepala pening. Dan semua itu terjadi karena perubahan pola makan. Apa yang terjadi setelah kita menjalankan ibadah puasa selama 29/30 hari? Sepertinya tubuh kita mulai terbiasa dengan ritme pola makan bulan puasa.

            Walaupun habits akan semakin solid seiring dengan waktu, namun bisa kita ambil bahwa 30 hari atau 1 bulan adalah batas minimal pembentukan suatu habits.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Jenis Desain Grafis

Penggunaan dan tips membuat tipografi

Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile