Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile
Desain Grafis adalah
aktivitas perancangan ide dan pembuatan informasi melalui sebuah media dengan
menggunakan elemen-elemen visual, seperti titik, garis, huruf, bidang, tekstur,
ruang, dan warna.
Desain grafis adalah
bagian dari ilmu seni visual. Secara bahasa desain grafis terdiri dari dua
kata. Yaitu desain yang berarti kerangka bentuk atau rancangan. Dan grafis yang
merupakan paduan titik, garis, bidang, atau huruf visual untuk mengomunikasikan
pesan tertentu.
Elemen yang harus
diperhatikan dalam pengaplikasian desain grafis pada mobile adalah.
- Garis
Garis atau line adalah elemen pengubung antara satu titik dengan titik poin yang lainnya, sehingga membentuk suatu gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Elemen dasar yang digunakan untuk membangun konstruksi atau bentuk desain.
- Bentuk
Bentuk
atau shape adalah unsur integral desain, yang dapat didefinisikan
sebagai area datar yang disatukan dengan garis (line), value, maupun warna
(color). Shape dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan sifat
yaitu huruf, simbol dan bentuk nyata (form)
- . Type
Type
desain adalah proses mendesain tipografi, atau disebut juga dengan
istilah desain font, karena sebagian besar non-desainer merujuk
ke font (teks) tetapi bukan tipografi.
- .
Texture
Tekstur
adalah tampilan desain pada permukaan yang memiliki suatu pola, bentuk, dan
corak yang dapat dilihat dan dicermati, yang menunjukkan permukaan gambar
tersebut apakah terlihat kasar, halus, atau lembut.
- .
Balance
Setiap
elemen memiliki kekuatan dan porsinya masing-masing, sehingga dibutuhkan
keseimbangan / balance untuk mendapat hasil visual yang merata.
- .
Contrast
Contrast
merujuk pada sebuah perbedaan visual secara signifikan dari sebuah objek
terhadap objek lain disekitarnya. Sering digunakan oleh seorang desainer dalam
menciptakan pusat perhatian atau Point of View.
- .
Color
Colour atau warna adalah media dalam komunikasi simbolik yang secara obyektif dapat didefinisikan sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, sedangkan secara subyektif adalah bagian dari pengalaman indra pengelihatan. Warna dalam dunia desain dapat dibagi kedalam 2 kategori pewarnaan, yaitu RGB dan CMYK.
- .
Continuity
Continuity
adalah penataan visual yang dapat menuntun gerak mata mengikuti ke satu arah
tertentu. Misalnya dengan melihat satu garis lurus atau sebuah garis lengkung
melewatinya.
- .
Repetition
Repetition
atau repetisi istilah dalam desain yang mengacu pada pengulangan yang
diterapkan pada elemen visual seperti warna, bentuk, tekstur, ukuran, dan jenis
tulisan.
- .
Unity
Unity
atau kesatuan merupakan seberapa baik ukuran pada setiap elemen desain untuk
bekerja sama dalam menciptakan keserasian atau keselarasan. Meliputi setiap
elemen yang ada dalam desain sehingga memiliki kesatuan fokus yang jelas
Contoh aplikasi desain grafis pada mobile
salah satunya adalah canva. Canva adalah aplikasi desain grafis menjembatani
penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif
secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur,
infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan tentunya Android. Di PlayStore, Canva
bisa diunduh secara gratis dan berukuran cukup ringan hanya 24MB. Fitur utama
dan yang membuat jutaan orang menyukainya adalah ketersediaan template yang
sangat beragam, walaupun beberapa di antaranya berbayar. Tapi, opsi gratisnya
saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai di berbagai acara atau kepentingan.
source:
Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Prinsip, dan Elemen | Pixel
DESAIN GRAFIS: Pengertian, Unsur, Prinsip & Macam Macam Jenisnya | Salamadian
[Review App] Menjajal Canva di Smartphone, Wow Simple Banget! | Dailysocial