Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile

Desain Grafis adalah aktivitas perancangan ide dan pembuatan informasi melalui sebuah media dengan menggunakan elemen-elemen visual, seperti titik, garis, huruf, bidang, tekstur, ruang, dan warna.

Desain grafis adalah bagian dari ilmu seni visual. Secara bahasa desain grafis terdiri dari dua kata. Yaitu desain yang berarti kerangka bentuk atau rancangan. Dan grafis yang merupakan paduan titik, garis, bidang, atau huruf visual untuk mengomunikasikan pesan tertentu.

Elemen yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian desain grafis pada mobile adalah.

  •       Garis

Garis atau line adalah elemen pengubung antara satu titik dengan titik poin yang lainnya, sehingga membentuk suatu gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Elemen dasar yang digunakan untuk membangun konstruksi atau bentuk desain.

  •       Bentuk

Bentuk atau shape adalah unsur integral desain, yang dapat didefinisikan sebagai area datar yang disatukan dengan garis (line), value, maupun warna (color). Shape dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan sifat yaitu huruf, simbol dan bentuk nyata (form)

  • .     Type

Type desain adalah proses mendesain tipografi, atau disebut juga dengan istilah desain font, karena sebagian besar non-desainer merujuk ke font (teks) tetapi bukan tipografi.

  • .      Texture

Tekstur adalah tampilan desain pada permukaan yang memiliki suatu pola, bentuk, dan corak yang dapat dilihat dan dicermati, yang menunjukkan permukaan gambar tersebut apakah terlihat kasar, halus, atau lembut.

  • .      Balance

Setiap elemen memiliki kekuatan dan porsinya masing-masing, sehingga dibutuhkan keseimbangan / balance untuk mendapat hasil visual yang merata.

  • .      Contrast

Contrast merujuk pada sebuah perbedaan visual secara signifikan dari sebuah objek terhadap objek lain disekitarnya. Sering digunakan oleh seorang desainer dalam menciptakan pusat perhatian atau Point of View.

  • .      Color

Colour atau warna adalah media dalam komunikasi simbolik yang secara obyektif dapat didefinisikan sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, sedangkan secara subyektif adalah bagian dari pengalaman indra pengelihatan. Warna dalam dunia desain dapat dibagi kedalam 2 kategori pewarnaan, yaitu RGB dan CMYK.

  • .      Continuity

Continuity adalah penataan visual yang dapat menuntun gerak mata mengikuti ke satu arah tertentu. Misalnya dengan melihat satu garis lurus atau sebuah garis lengkung melewatinya.

  • .  Repetition

Repetition atau repetisi istilah dalam desain yang mengacu pada pengulangan yang diterapkan pada elemen visual seperti warna, bentuk, tekstur, ukuran, dan jenis tulisan.

  • .  Unity

Unity atau kesatuan merupakan seberapa baik ukuran pada setiap elemen desain untuk bekerja sama dalam menciptakan keserasian atau keselarasan. Meliputi setiap elemen yang ada dalam desain sehingga memiliki kesatuan fokus yang jelas

Contoh aplikasi desain grafis pada mobile salah satunya adalah canva. Canva adalah aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan tentunya Android. Di PlayStore, Canva bisa diunduh secara gratis dan berukuran cukup ringan hanya 24MB. Fitur utama dan yang membuat jutaan orang menyukainya adalah ketersediaan template yang sangat beragam, walaupun beberapa di antaranya berbayar. Tapi, opsi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai di berbagai acara atau kepentingan.







source:

Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Prinsip, dan Elemen | Pixel

DESAIN GRAFIS: Pengertian, Unsur, Prinsip & Macam Macam Jenisnya | Salamadian

[Review App] Menjajal Canva di Smartphone, Wow Simple Banget! | Dailysocial




Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Jenis Desain Grafis

Penggunaan dan tips membuat tipografi