CONTOH KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DIHILANGKAN

Contoh Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan

1. Perilaku yang tidak sopan
            Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ada yang berkepribadian baik dan unggul, ada yang berkepribadian kurang baik. Kepribadian yang dimiliki setiap orang menjadi faktor penentu baik atau tidaknya seseorang, terutama di mata orang lain.
            Orang yang memiliki kepribadian baik akan disenangi bayak orang, sebaliknya orang yang memiliki kepribadian kurang baik akan membuat orang lain merasa tidak nyaman jika berada di dekatnya bahkan dapat menjadi sosok yang dibenci oleh orang-orang sekitarnya.
            Karakter tidak ada hubungannya dengan raut wajah atau paras seseorang. Karakter merupakan sesuatu yang dapat dikembangkan dan diperbaiki secara terus-menerus. Karakter seseorang biasanya sangat dipengaruhi oleh lingkungan, dengan siapa dia bergaul, dan apa saja yang ia baca atau pelajari. Kebiasaan juga akan membentuk karakter seseorang.

2. Terlambat
Entah sudah menjadi budaya atau turunan genetis, menemukan orang yang memiliki kebiasaan jam karet di Indonesia adalah sangat mudah sekali. Bahkan, karena hampir semua orang memiliki kebiasaan jam karet, membuat banyak orang pun memberikan pemakluman tentang hal ini. Akan tetapi sayangnya pemakluman ini menjadi sebuah bumerang bagi masyarakat Indonesia sehingga akhirnya banyak bagian dari kehidupan kita menjadi berantakan dan tidak teratur. Mungkin jam karet ini pula yang membuat Indonesia menjadi negara yang susah maju karena masyarakatnya sendiri juga enggan untuk maju, ini dibuktikan dengan masih dipeliharanya kebiasaan jam karet dalam kegiatan sehari-hari
Ada banyak cara agar kita bisa mengubah kebiasaan buruk kita menjadi kebisaan baik, selain niat, kita harus memiliki komitmen untuk berubah. Kita tak perlu berkomitmen pada orang lain, kita cukup memulai komitmen itu dengan diri kita sendiri, coba buat aturan dan kita harus komitmen pada aturan tersebut.

3. Membuang sampah sembarangan
Kebiasaan buang sampah sembarangan sudah sering di lakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak masih usia dini. Bagaimana tidak kebiasaan ini secara tidak sadar sudah menjadi tradisi turun–temurun, orang tua secara tidak sadar mengajarkan anaknya cara buang sampah yang tak benar bisa dilihat dengan jelas membuang sampah sembarangan baik itu di sungai, di jalan,  itu di anggap hal biasa. Secara kesuluruhan masyarakat Indonesia sangat rendah kesadaran dalam memikirkan konsekuensinya.

4. Menyontek
Sepertinya sudah menjadi kebiasaan sebagian pelajar dari mulai siswa SD sampai mahasiswa. Cara menconteknya pun semakin lama semakin beragam dan canggih. Kalau di zaman dulu contekan hanya ditulis di kertas kecil atau di buat coretan di atas meja. Sekarang contekan cukup dikirim melalui sms. Bukan hanya ulangan harian, semesteran bahkan ujian nasional pun tidak luput dari upaya contek mencontek. Parahnya lagi ditingkat mahasiswa, skripsi yang dibuat pun hasil mencontek.

5. Menunda pekerjaan/ malas
            Meski telah sering mendapatkan doktrin tentang akibat buruk dari malas, akan tetapi kita masih saja suka bermalas-malasan. Kita masih senang bersantai dan enggan melakukan suatu pekerjaan. Menikmati hidup bukan hanya dengan bermalas-malasan, tapi dengan mengerjakan sesuatu yang kemudian hasilnya bisa kita nikmati, itulah yang disebut dengan menikmati hidup.
            Bayangkan apabila di terus menerus hanya bermalas-malsan, kita hanya akan berada di titik yang sama dan tak pernah maju. Saat orang-orang di sekitar kita bergerak maju, apakah kita akan menunggu dan diam bermalas-malasan?
            Selain malas beraktivitas, kita juga sering malas beribadah, suka mengakhirkan shalat bahkan sering meninggalkan shalat, naudzubillahi min dzalik. Padahal untuk menjadi sukses, kita tak hanya harus bekerja keras dan tidak bermalas-malasan, tetapi kita juga harus mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. agar segala apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dengan baik.
            Kita dapat belajar dari pepatah Arab yang mengatakan, “Janganlah mengakhirkan pekerjaanmu hingga esok hari, yang kamu dapat mengerjakannya hari ini.” Banyak sebab yang menjadikan sesorang menjadi malas, salah satunya adalah karena kita selalu membiasakan diri untuk bermalas-malasan dan bersantai, sehingga kita pun tidak tahu nikmatnya kerja keras.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Jenis Desain Grafis

Penggunaan dan tips membuat tipografi

Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile