KENDALA SESEORANG MEMILIKI KEBIASAAN BURUK

 Kendala Seseorang Memiliki Kebiasaan Buruk

1. Faktor Internal

a. Kepribadian
    Kepribadian  adalah  segala  corak  kebiasaan manusia yang terhimpun dalam dirinya yang digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsang baik yang datang dari dalam dirinya maupun dari lingkungannya, sehingga corak dan kebiasaan itu merupakan suatu kesatuan fungsional yang khas untuk manusia itu. Dari pengertian tersebut, kepribadian seseorang jelas sangat berpengaruh terhadap perilaku sehari-harinya.

b. Intelegensia
    Intelegensia adalah keseluruhan kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah dan efektif. Bertitik tolak dari pengertian tersebut, tingkah laku individu sangat dipengaruhi oleh intelegensia. Tingkah laku yang dipengaruhi oleh intelegensia adalah tingkah laku intelegen di mana seseorang dapat bertindak secara cepat, tepat, dan mudah.

c. Bakat
    Bakat adalah suatu kondisi pada seseorang yang memungkinkannya dengan suatu latihan khusus mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya berupa kemampuan memainkan musik, melukis, olah raga, dan sebagainya.

2. Faktor Eksternal

a. Pendidikan
    Inti dari kegiatan pendidikan  adalah   proses  belajar  mengajar.  Hasil  dari  proses  belajar mengajar adalah seperangkat perubahan perilaku. Dengan  demikian  pendidikan sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku seseorang. Seseorang yang berpendidikan tinggi akan berbeda perilakunya dengan orang yang berpendidikan rendah.

b. Agama
    Agama akan menjadikan individu bertingkah laku sesuai dengan norma dan nilai yang diajarkan oleh agama yang diyakininya.

c. Kebudayaan
    Kebudayaan diartikan sebagai kesenian, adat istiadat atau peradaban manusia. Tingkah laku seseorang dalam kebudayaan tertentu akan berbeda dengan orang yang hidup pada tkebudayaan lainnya, misalnya tingkah laku orang Jawa dengan tingkah laku orang Papua.

d. Lingkungan
    Lingkungan  adalah  segala  sesuatu  yang  ada di  sekitar  individu,  baik  lingkungan fisik,
biologis,   maupun   sosial.   Lingkungan   berpengaruh  untuk  mengubah  sifat  dan  perilaku individu  karena  lingkungan  itu dapat  merupakan  lawan atau tantangan bagi individu untuk mengatasinya. Individu terus berusaha  menaklukkan  lingkungan sehingga menjadi jinak dan dapat dikuasainya.


e. Sosial Ekonomi
    Status   sosial   ekonomi   seseorang   akan   menentukan   tersedianya   suatu fasilitas yang diperlukan  untuk  kegiatan  tertentu,  sehingga status  sosial ekonomi ini akan mempengaruhi perilaku seseorang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Jenis Desain Grafis

Penggunaan dan tips membuat tipografi

Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile