MANFAAT MEMILIKI KEBIASAAN YANG BAIK

Manfaat Memiliki Kebiasaan yang Baik

1. Selalu patuh kepada Agama
manfaat kebiasaan baik dan positif dari segi spiritual. Setiap agama mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa mengerjakan kebajikan kapan dan dimanapun umatnya berada. Karena mereka yang melakukan kebaikan akan mendapatkan ganjaran dari Tuhan yang Maha Kuasa. Kebiasaan baik dan positif yang kita lakukan setiap hari memberi efek spiritual yang menyebabkan ketenangan batin dalam diri kita. Optimis menjalani hidup dan percaya serta yakin setiap perbuatan baik yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan yang lebih banyak kepada kita. Umat muslim percaya bahwa satu kebaikan akan dibalas oleh Allah Swt. sebanyak sepuluh kali kebaikan kepada dirinya.

2. Menjadi orang sukses
Kebiasaan baik dan positif mempercepat proses kesuksesan kita. Seperti telah disinggung sebelumnya, hukum alam berlaku bagi kebiasan yang kita lakukan. Berlaku bagi kebiasaan baik ataupun kebiasaan yang tidak baik. Ada hukum akumulasi, misalnya saja kebiasaan membaca dan belajar adalah termasuk kebiasaan baik. Jika kebiasaan ini terakumulasi kita akan mendapatkan manfaat dengan keluasan wawasan dan ilmu pengetahuan, kebijakan dalam setiap mengambil tindakan, dan menghindari melakukan kesalahan untuk kedua kalinya karena kita sudah belajar dari kesalahan sebelumnya. Sehingga hal ini ikut menunjang dalam proses pencapaian kesuksesan kita di setiap bidang dalam kehidupan ini.

3. Memperbaiki hubungan sosial
Kebiasaan baik dan positif memperkuat hubungan sosial kita dengan berbagai kalangan. Membiasakan hidup jujur sejak dini berarti memupuk reputasi untuk kejayaan di masa yang akan datang. Kepercayaan adalah barang yang mahal. Segala hal dalam hubungan sosial kita akan lancar dengan kebiasaan baik dan positif yang kita miliki, bukan hanya dari bersikap jujur. Bisa juga dengan kebiasaan sering berterima kasih, kebiasaan bersilaturahmi, kebiasaan saling membantu dan menolong. Kebiasaan baik dan positif ini akan semakin meneguhkan hubungan sosial kita di lingkungan masyarakat kita.

4. Berdampak positif pada kesehatan tubuh
Kebiasaan baik dan positif dapat menyehatkan tubuh kita. Menurut penelitian, saat kita melakukan tindakan baik bersedekah/berderma tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang disebut endorphin. Hormon yang memiliki struktur kimia yang sama dengan morfin. Konon, hormon endorphin ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan merangsang rasa bahagia, layaknya kerja morfin. Hanya saja tidak menimbulkan efek kecanduan bagi tubuh kita. Itulah sebabnya mengapa saat kita melakukan sebuah tindakan kebaikan, kita akan merasa bahagia. Jika kebiasaan baik dan positif itu terus kita lakukan setiap hari maka kita akan lebih sehat baik secara fisik dan juga psikis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Jenis Desain Grafis

Penggunaan dan tips membuat tipografi

Elemen dan Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile